Latihan untuk Tulang dan Sendi

Posted on Desember 14, 2009. Filed under: personal trainer | Tag:, |

Latihan yang dianjurkan untuk mencegah tulang keropos adalah latihan yang bersifat pembenahan (weight bearing exercise). Selain itu, dibutuhkan pula latihan kelenturan serta latihan yang meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Latihan jalan kaki dan bersepeda, misalnya merupakan latihan sederhana yang bukan saja baik untuk jantung, tapi juga untuk tulang anda.

Latihan peregangan, seperti yoga, tai-chi, juga bermanfaat membantu sendi tetap fleksibel.

Jangan berlatih berlebihan, karena hal itu bisa memberi stres pada sendi. Bila anda cukup lama absen latihan, lakukanlah latihan secara bertahap.

Makan untuk Tulang dan Sendi

Konsumsi makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, serta antioksidan. Variasikan konsumsi buah-buahan berwarna kuning tua dan merah, seperti pepaya, nanas, semangka, atau jeruk untuk memenuhi kebutuhan antioksidan anda.

Tulang juga membutuhkan vitamin A, C, Magnesium, seng, serta protein. Dan susu merupakan bahan pangan yang lengkap untuk kebutuhan tersebut. Anda juga bisa mendapatkan Kalsium dari sayur-sayuran berwarna hijau tua, produk olahan susu, ikan sardin, ikan teri, atau kacang-kacangan. Wanita dewasa membutuhkan  sekitar 1000 mg kalsium/hari. Sedangkan wanita hamil dan menyusui perlu lebih banyak, sekitar 1200 – 1500 mg kalsium/hari.

Protein dalam jumlah yang cukup dibutuhkan sebagai perekat tulang serta membangun jaringan tulang. Dapatkan sumber protein yang rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, atau dari tahu, tempe, serta olahan kedelai untuk anda yang vetarian. Vitamin B3 yang terkandung dalam ikan tuna, mackarel, salmon, jagung, atau kacang merah juga dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan otot dan sendi.

Tak ada salahnya anda juga mengkonsumsi suplemen penguat tulang dan sendi, seperti antioksidan, termasuk vitamin C dan E. Suplemen tulang dan suplemen penopang sendi, seperti kalsium, kondroitin, dan glukosamin bisa membantu menjaga kesehatan sendi dan otot.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Bloger Indonesia

  • Lab. Komputer

    Lab Komputer
  • LOTUS YOGA
  • Omron A good Sense
  • GlucoDr
  • AlatFitnessJakarta
  • Life Fitness
  • Free AVG
  • virus-free-Kaspersky
  • YogaFinder.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: