Latihan Aerobic

Posted on Oktober 25, 2009. Filed under: Fitness, personal trainer | Tag:, |

Aerobic

aerobic

Latihan Aerobic adalah aktifitas buat melatih jantung dan pembuluh darah agar bersih dan sehat. Bentuknya bisa bermacam-macam, bisa bersepeda, jalan pagi, berenang, dansa, senam aerobic, dan banyak lagi macamnya. Jadi tidak mesti senam aerobic, intinya ngos ngosan kalo dilakukan.

Secara umum renang adalah olah raga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Seluruh tubuh kita bekerja untuk membuat kita mengapung dan bergerak di dalam air. Sistem sirkulasi alias aliran darah kita akan sangat baik bila kita berenang.

Guna meningkatkan efektivitas olahraga, lansia harus mengiringinya dengan pola hidup yang sehat pula, yaitu:

  • Selalu memperhatikan pola makan yang sehat
  • Selalu cukup istirahat
  • Hilangkan kebiasaan yang kurang baik
  • Lakukan latihan aerobic teratur dan cukup
  • Lakukan latihan beban

Jenis olahraga buat Lansia yang paling tepat adalah latihan aerobic yang disertai latihan-latihan kekuatan ditambah gerakan perimbangan dan peregangan. Berikut tips untuk menjadikan latihan olahraga bagi lansia lebih efektif:

  • Frekuensi latihan minimal 3 kali dalam 1 minggu secara tidak berturut-turut
  • Latihan 6 kali 1 minggu tidak dianjurkan karena menimbulkan resiko cedera dan kelelahan
  • Latihan beban perlu dilakukan untuk mengurangi kecepatan degenerasi tubuh karena massa otot akan turun 40% pada usia 30-70 tahun
  • Latihan beban yang dilakukan bersifat ringan sesui kemampuan tubuh
  • Latihan peregangan wajib dilakukan untuk mengurangi resiko cedera dan membuat sendi lebih kuat dan lentur
  • Jika saat olahraga nadi mendadak naik atau turn, segera kurangi takaran olahraga karena itu pertanda anda berolahraga terlalu banyak
  • Nyeri dada menandakan intensitas olahraga terlalu tinggi
  • Bila pusing, kepala ringan, keringat dingin kurangi takaran olahraga
  • Mual-mual, muntah-muntah latihan harus dikurangi takarannya
  • Jika sehari setelah latihan badan terasa masih letih, jangan dulu paksakan berolahraga
  • Bila tidur terganggu berarti latihan anda terlalu banyak, beri jarak 3 jam antara waktu olahraga dan jam tidur
  • Biarkan lambung kosong minimal 2 jam sebelum saat latihan
  • Beri jarak waktu 20 menit setelah selesai olahraga dengan jam makan anda
  • Segera minum setelah melakukan olahraga, terutama olahraga berat
  • Minum air dingin untuk menggantikan keringat dan membuat tubuh lebih segar
  • Pakailah kostum olahraga dan sepatu yang terasa ideal bagi tubuh anda, jangan terlalu sempit
  • Setelah melakukan hubungan seks dimalam hari anda dapat tetap melakukan olahraga asal tidur anda cukup

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Bloger Indonesia

  • Lab. Komputer

    Lab Komputer
  • LOTUS YOGA
  • Omron A good Sense
  • GlucoDr
  • AlatFitnessJakarta
  • Life Fitness
  • Free AVG
  • virus-free-Kaspersky
  • YogaFinder.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: