Latihan Yoga

Posted on Februari 13, 2010. Filed under: Basic Yoga | Tag:, |

Latihan Yoga

Tujuan  latihan yoga adalah untuk mempersatukan tubuh, pikiran dan jiwa.

Meditasi

Yoga mungkin bisa digambarkan sebagai suatu latihan fisik yang dirancang untuk mengendalikan pikiran, tubuh dan jiwa untuk mencapai rohani dan kesejahteraan fisik yang baik.  Latihan yoga dapat membantu untuk meningkatkan kesadaran diri, meningkatkan rasa damai, dan meningkatkan kekuatan tubuh, meningkatkan ketahanan dan kelenturan/fleksibilitas.

Latihan yoga biasanya terdiri dari tiga unsur dasar :

1. Asana

Asana, atau postur, adalah gerakan-gerakan peregangan lembut yang membantu menyeimbangkan pikiran dan tubuh, sementara juga bisa untuk meremajakan otak, tulang belakang, kelenjar dan organ internal.  Postur ini dimaksudkan untuk meningkatkan suplai darah pada tubuh kita.

2. Pranayama

Pranayama adalah pengaturan pernapasan.  Yoga melibatkan teknik pernapasan yang dikembangkan secara khusus yang menghasilkan energi yang besar di daerah ulu hati.  Energi dalam tubuh akan membantu untuk memerangi penyakit. Pernapasan yoga juga meningkatkan fungsi otak, membantu menghilangkan racun dalam tubuh, dan   relaksasi.  Dengan mengkombinasikan asana dan pranayama, hasilnya adalah keadaan vitalitas tinggi dan ketahanan tubuh yang bagus. Yoga pernapasan dilakukan melalui hidung, baik di  hisap dan  di buang napasnya.

3. Meditasi

Meditasi, atau konsentrasi, dapat membantu meningkatkan manfaat dari postur dengan berkonsentrasi tindakan penyembuhan yang memerlukannya.   Meditasi mungkin melibatkan afirmasi atau visualisasi.

Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam latihan yoga :

  • Yoga dengan perut kosong, Anda tidak boleh makan apa pun selama kurang lebih dua jam sebelum latihan.
  • Pakailah pakaian yang nyaman yang tidak membatasi gerakan, jika  latihan dengan banyak orang lebih baik menggunakan pakaian putih atau seragam dengan yang lainnya supaya tidak mengganggu konsentrasi pada saat latihan.
  • Jangan memakai kaus kaki selama pelajaran.   Ada kurang lebih 72.000 ujung saraf  yang merangsang mereka!
  • Lebih baik untuk berlatih yoga pada pagi hari sebelum makan dan ketika pikiran bebas dari kekhawatiran dan akan lebih rilek dan nyaman.
  • Idealnya, Anda harus berlatih yoga setiap hari.  Namun demikian, lebih baik untuk berlatih yoga sekali atau dua kali seminggu daripada tidak berlatih sama sekali.  Latihan harus berlangsung minimal 1 jam supaya lebih efektif.
  • Jangan melakukan yoga saat menstruasi. Jika Anda menstruasi, istirahat selama sedikitnya dua hari selama paling intens pendarahan.  Selama sisa waktu Anda, hindari berlatih pose terbalik atau sirsasana pose.
  • Hati-hati latihan yoga dalam keadaan hamil. Jika Anda hamil   pastikan untuk beritahu instruktur Anda .  Meskipun yoga sangat bermanfaat selama kehamilan, ada beberapa pose yang harus dihindari. Selama 3 bulan pertama kehamilan, hindari gerakan-gerakan energik karena ada risiko yang lebih besar keguguran selama bulan-bulan.
  • Yoga untuk penyembuhan. Meskipun yoga dapat memberikan efek penyembuhan, individu mencari obat untuk penyakit tertentu harus berlatih yoga bersama-sama dengan terapi dokter mereka.
About these ads

Make a Comment

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Bloger Indonesia

  • Lab. Komputer

    Lab Komputer
  • LOTUS YOGA
  • Omron A good Sense
  • GlucoDr
  • AlatFitnessJakarta
  • Life Fitness
  • Free AVG
  • virus-free-Kaspersky
  • YogaFinder.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: